Efek negative sekaolahkan anak sejak dini

Oops! Ini Dampak Negative Sekolahkan Anak di Usia Dini

Apakah Anak Anda Sudah siap sekolah ?

Usia Anak Masuk Sekolah
Usia Anak Masuk Sekolah

Hi ayah & bunda pernah nggak sih kalian bertanya kapan waktu yang tepat untuk menyekolahkan si kecil? 

Pasalnya membiarkan anak menerima pendidikan sekolah terlalu dini bisa memberi efek negatif bagi perkembangan si anak, meskipun tetap ada hal positive yang akan muncul. Untuk itu ada baiknya untuk tidak memaksakan anak untuk masuk sekolah sebelum waktunya.

Namun jika Anda tetap ingin menyekolahkan si kecil secepatnya, mending cek dulu yuk apa saja sih efek negatif menyekolahkan anak sejak dini . Berikut Pinterdikit sudah merangkumnya untuk Anda

Efek Negatif Menyekolahkan Anak Sejak Dini

Masalah Psikologis

Efek negative sekaolahkan anak sejak dini
Efek negative sekaolahkan anak sejak dini
  • Sebelum anak mulai sekolah persiapkan si kecil dengan matang, agar nantinya ia tidak mengalami trauma dan tentunya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti frustasi yang ditandai dengan seringnya si kecil menangis, sulit mengatur emosi, hinga kemampuan untuk memecahkan masalah yang berkurang
  • Usia anak sekolah yang belum cukup berpotensi mengalami Attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD) alias sindrom hiperaktif. ADHD sendiri merupakan gangguan perkembangan otak anak, yang bikin anak jadi hiperaktif, impulsif, dan sulit fokus. Namun sayangnya banyak yang menganggap anak ADHD ini nakal & tidak bisa diatur.

Masalah Sosial

Anak yang rendah diri
Anak yang rendah diri

Tahukah Anda kalau memaksa si kecil sekolah di usia dini bisa membuatnya kesulitan dalam proses pertemanan loh! Baik dengan yang seumuran ataupun teman temannya yang mungkin lebih tua.

So, sangat amat disarankan untuk orang tua berpikir dua kali sebelum memberi pendidikan formal sejak dini.

Masalah Perilaku

Masalah perilaku akibat sekolah sejak dini
Masalah perilaku akibat sekolah sejak dini

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya pendidikan anak usia dini bisa membuat anak berpotensi mengalami ADHD, dimana sang anak dianggap sulit diatur dan menjengkelkan. Padahal tanpa disadari efek ini sendiri muncul akibat keinginan orang tua yang mengajak anak mereka untuk bersekolah sebelum umur idealnya.

Tak hanya itu kemapuan anak untuk berinteraksi serta mengikuti pola pikir teman-temannya bisa membuka peluang anak mengalami bulliying dalam grupnya, yang akhirnya menyebabkan rendah diri hingga kehilangan gambar diri.

Persiapan Sebelum Menyekolahkan Anak di Usia Dini

Persiapan anak sebelum masuk sekolah
Persiapan anak sebelum masuk sekolah

Pertama perhatikan kesiapan anak Anda, apakah mereka sudah memiliki kesiapan emosional yang cukup? seperti ketenangan dan kemampuan untuk mengatasi hal-hal krusial yang harus dilakukan secara mandiri.

Hal ini juga berbeda penanganannya bergantung kepada personality anak tersebut. Pasalnya setiap anak memiliki kepribadian yang unik dan cara yang berbeda untuk beradaptasi di sebuah lingkungan baru. Disinilah peran ayah dan ibu sangat diperlukan untuk membantu kesiapan mental dan emosional anak sebelum memasuki dunia sekolah.

Kapan Anak Mulai Sekolah?

Kapan usia ideal anak sekolah
Kapan usia ideal anak sekolah

Untuk menjawab pertanyaan tersebut Pinterdikit.com akan memberikan acuannya

  • Perhatikan apakah buah hati memiliki ketertarikan dan respon yang baik saat dibacakan buku cerita? meskipun ini bukan ukuran yang pasti namun setidaknya hal sederhana ini bisa menjadi pertimbangan.
  • Saat si kecil mulai menunjukan ketertarikannya pada alat-alat tulis, dan bisa berfokus pada kegiatan ini dalam kurun waktu yang cukup lama serta rutin, hal ini bisa menunjukan jika Anak Anda siap untuk menjalani pendidikan di usianya.
  • Sudah mandiri dan tidak menempel terus-menerus pada orang tuanya
  • Mengerti instruksi sederhana seperti membereskan mainan sendiri, menaruh sepatu di rak, dan berbagai aktivitas kecil lainnya, yang menunjukan kesiapan Anak tersebut.
  • Lulus toilet training, dimana hal ini menjadi salah satu tanda anak sudah siap masuk sekolah.

Jika parents melihat tanda-tanda di atas nggak ada salahnya nih untuk mencari sekolah dengan kurikulum yang tepat, dan sesuai dengan umur Anak. Ada baiknya untuk menyekolahkan anak di sekolah yang dimana mereka tetap bisa bermain, sehingga mereka tidak kehilangan masa bermain. Salah satunya adalah PAUD (Pendidikan anak usia dini).

Dalam jenjang ini anak-anak akan diajarkan pendidikan dasar bagi mereka yang berumur 0-6 tahun. Dilakukan melalui rangsangan pendidikan seperti agama, fisik, bahasa, sosial-emosional, seni hingga agama yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini.

Sekolah sejak dini
Sekolah sejak dini

Disarankan untuk memanfaatkan program percobaan yang diberikan sekolah tersebut, sekaligus melihat apakah lingkungan dan kurikulum yang diberikan bisa diterima anak.

Jadi bagaimana nih pendapat ayah dan bunda setelah mengetahui, bahwa ada efek negative yang dimbulkan akibat pendidikan sekolah yang terlalu dini. Tentunya mulai sekarang parents akan lebih berhati – hati dong saat memutuskan waktu yang tepat untuk buah hati untuk mengikuti pendidikan dini.

Untuk mengetahui artikel menarik lainnya, seperti peran ayah dalam perkembangan anak jangan lupa mampir ke pinterdikit.com