Peran ayah dalam keluarga

Peran Ayah Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Peran ayah dalam keluarga
Peran ayah dalam keluarga

Banyak yang berpikir kalau peran ibu lebih besar untuk tumbuh kembang anak, dimulai sejak mulai dari dalam kandungan hingga si kecil bertumbuh besar. Namun ternyata pemikiran ini nggak sepenuhnya benar loh. Karena peran ayah dalam keluarga juga berpengaruh untuk perkembangan emosi dan kognitif anak. 

So, buat para ayah di luar sana jangan jadikan rasa lelah setelah bekerja, menjadi alasan untuk nggak meluangkan waktu & memperhatikan perkembangan anak Anda ya. Berikut adalah pentingnya peran ayah dalam perkembangan seorang anak dan efek negatif jika kurangnya support figur ayah

Membentuk Konsep & Kepercayaan diri

Peran ayah
Peran ayah

Dilansir dari viva.co.id, Psikolog anak Astrid WEN mengatakan bahwa hilangnya peran ayah dalam keluarga bisa menjadi pertanyaan besar bagi seorang anak. Bahkan efek negatif lainnya juga akan berpengaruh pada psikologis anak. Misalnya saja anak-anak akan cenderung bingung saat harus menggambarkan latar belakang keluarganya, atau disaat harus bercerita tentang ayahnya. 

Tak hanya itu dari sosok ayah, anak-anak juga bisa melihat peran seorang pria saat berperan sebagai suami, dan bagaimana cara berelasi dengan antar gender. Karena pasalnya Anak Anda belajar dari melihat apa yang orangtua mereka lakukan, bukan hanya mendengar nasehat yang diberikan.

Sulit Bersosialisasi & Berinteraksi

Anak yang low esteem
Anak yang low esteem

Sifat tertutup seorang anak bukan saja karena terjadi karena faktor personality yang mereka miliki. Tapi juga pengaruh dari kurangnya peran ayah dalam pertumbuhan mereka.

Anak yang tumbuh tanpa ditemani sanga ayah, akan menimbulkan rasa penolakan, hingga menutup diri, meskipun sebenarnya mereka sendiri ingin di terima keberadaannya.

Emosional yang tinggi seperti kebingungan, marah, dan emosi yang meluap akan menjadi salah satu kendala yang akan muncul saat mereka ditengah masalah dan perubahan rutinitas.

Masalah-masalah di atas akan berdampak lebih panjang terhadap psikologi, dan emosional, kecerdasan sosial anak, hingga trauma yang berkepanjangan jika tidak segera ditangani.

Itulah peran ayah dalam keluarga yang sangat dibutuhkan oleh si kecil. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa share ke teman-teman kamu ya^^